Setiap Pemilik Bisnis Memerlukan Exit Plan atau Rencana Keluar

Setiap Pemilik Bisnis Memerlukan Exit Plan atau Rencana Keluar
Photo by Bram Naus / Unsplash

Apakah Anda pernah mempertimbangkan bagaimana perjalanan bisnis sukses Anda akan berakhir?

Mungkin terdengar kontraproduktif, tetapi merencanakan strategi keluar bisnis Anda sejak awal dapat secara signifikan meningkatkan perjalanan kewirausahaan Anda. Ketika Anda memulai perjalanan darat, Anda tidak mengemudi secara sembarangan — Anda memiliki tujuan tertentu dalam pikiran. Demikian pula, sebagai seorang pengusaha, memiliki tujuan akhir yang jelas dalam pikiran akan memandu keputusan dan tindakan Anda, menghasilkan hasil yang lebih memuaskan bagi semua pihak yang terlibat.

Mari kita jelajahi mengapa melihat akhir dari awal adalah strategi yang membayar, bagaimana mempertimbangkan berbagai pilihan keluar, dan langkah apa yang perlu diambil untuk persiapan keluar yang memuaskan dan menguntungkan.

Apa itu strategi keluar dan mengapa Anda memerlukannya?

Sebuah strategi keluar adalah seperti GPS yang memandu perjalanan kewirausahaan Anda. Sering kali dianggap sebagai cara untuk mengakhiri bisnis, inti dari strategi ini adalah mendorong bisnis lebih dekat ke tujuan jangka panjangnya dan memfasilitasi transisi yang lancar ke fase atau usaha baru.

Mengenali rencana keluar Anda bukan hanya tentang bisnis, tetapi juga tentang menyelaraskan aspirasi profesional Anda dengan tujuan hidup yang lebih luas. Apakah itu kemandirian finansial, bepergian, atau pencapaian kreatif, strategi Anda seharusnya mencerminkan tujuan-tujuan ini. Selain itu, perencanaan keluar yang proaktif menarik, membangun kredibilitas, dan mendorong loyalitas para pemangku kepentingan (investor, mitra, dan karyawan) yang berbagi visi Anda.

Bahkan jika keluar belum terlihat dekat, membangun bisnis Anda dengan rencana keluar di masa depan dapat mendorong terus menerus untuk meningkatkan operasi dan meramalkan potensi penilaian keluar. Mirip dengan menilai nilai rumah, mendapatkan inspeksi, dan melakukan perbaikan sebelum menjualnya, strategi keluar menerapkan prinsip yang sama untuk meningkatkan nilai bisnis Anda. Memperoleh wawasan tentang potensi nilai keluar memberikan perspektif pasar yang lebih tinggi, memengaruhi pilihan strategis Anda dan mendukung kredibilitas Anda.

Dalam merancang strategi keluar, Anda juga memproyeksikan apa yang akan datang: Apa usaha berikutnya Anda? Di mana Anda dapat meletakkan kekayaan Anda untuk melindunginya dan memastikan pertumbuhannya? Rencana keluar yang dipikirkan dengan baik membawa Anda dengan lancar ke usaha kewirausahaan atau pribadi berikutnya.

Pilihan keluar: Memilih jalur Anda

Dalam menentukan strategi keluar Anda, Anda memiliki berbagai pilihan yang harus dipertimbangkan. Ada sebanyak pengusaha yang berbeda, namun berikut adalah beberapa pendekatan tingkat tinggi yang umum:

  1. Menjual sepenuhnya: Meskipun tidak selalu menjadi tujuan, menjual mungkin strategis menguntungkan, terutama jika bisnis mengalami penurunan. Keluar sebelum masalah keuangan memburuk dapat melindungi investasi Anda dan mencegah kerugian lebih lanjut.
  2. Meneruskannya kepada keluarga: Mewariskan bisnis kepada ahli waris dapat menciptakan warisan yang berarti. Penting untuk memastikan bahwa mereka siap mengambil tanggung jawab ini dan memiliki keterampilan atau dukungan manajemen yang diperlukan untuk mengoperasikan bisnis.
  3. Penawaran saham perdana (IPO): IPO menghasilkan pendanaan substansial dan keterlihatan cepat, menguntungkan bagi perusahaan-perusahaan yang tumbuh dengan cepat.
  4. Merger dan akuisisi: Kesepakatan-kesepakatan ini melibatkan entitas lain yang membeli sebagian besar atau seluruh aset perusahaan Anda, didorong oleh tujuan strategis dan keuangan.
  5. Investasi ekuitas swasta: Jalur ini melibatkan perusahaan ekuitas swasta yang membeli perusahaan, memberikan aliran modal dan sumber daya khusus untuk memaksimalkan keuntungan.

Sebelum mengajak mitra atau investor, pertimbangkan bagaimana saham tambahan dapat memengaruhi tujuan jangka panjang Anda. Jika Anda mengajak mitra modal, adakan diskusi terbuka dengan mereka tentang bagaimana keluar yang mungkin terlihat dan apa yang bisa mereka harapkan.

Menyusun persiapan keluar yang besar

Saat Anda semakin dekat dengan fase keluar dari bisnis anda, persiapan yang cermat sangat penting. Anda perlu memastikan bahwa pendekatan yang Anda pertimbangkan memungkinkan untuk organisasi dan model bisnis Anda, dan bahwa semua pemangku kepentingan berbagi visi yang sama.

Berikut adalah langkah-langkah praktik terbaik yang perlu diambil:

  1. Pekerjakan penasihat ahli: Bawa masuk penasihat hukum, strategis, dan pajak untuk memastikan Anda membuat keputusan yang terinformasi. Mempekerjakan pialang bisnis juga bisa sangat berharga dalam menemukan pembeli atau investor yang cocok dengan tujuan Anda.
  2. Menyusun keuangan Anda: Memiliki catatan keuangan yang terorganisir meningkatkan transparansi dan membuat proses kajian yang lebih halus bagi pihak yang berminat.
  3. Mengoptimalkan pendapatan dan pengeluaran: Untuk memaksimalkan penilaian keluar (Exit Pla) Anda, fokus pada mengoptimalkan pendapatan Anda dan mengelola pengeluaran.
  4. Bernegosiasi untuk persyaratan terbaik: Negosiasi yang efektif memastikan Anda mendapatkan kesepakatan terbaik dan kepentingan Anda terlindungi. Bidik syarat yang sesuai dengan tujuan Anda dan meminimalkan risiko ekonomi.
  5. Memeriksa pembeli/investor Anda: Pastikan bahwa siapapun yang mengakuisisi bisnis Anda akan menjaga visi Anda dan memperlakukan tim Anda dengan baik.
  6. Menentukan manajemen pasca akuisisi: Apakah Anda masih akan terlibat? Apa yang terjadi pada tim Anda? Jelaskan seperti apa struktur manajemen yang akan terlihat setelah akuisisi.

Dengan lebih dari 20 tahun pengalaman kami membantu serta melihat jatuh bangunnya perusahaan, kami telah merumuskan prinsip penting yang berlaku untuk semua bisnis: Inovasi memacu efisiensi, pertumbuhan, kredibilitas, dan keberlanjutan operasional. 4 hal ini bahkan mutlak diperlukan oleh perusahaan yang berada pada industri yang dinamis yang suka tidak suka harus tunduk pada perubahan sosial, teknologi, peraturan, dan ekonomi yang signifikan.

Selalu terbuka terhadap inovasi dalam teknologi, model bisnis, metode produksi/pemenuhan (fullfillment), pemasaran, kepatuhan, dan area lain dari operasi membantu Anda berkembang di lanskap yang kompetitif, menunjukkan ketangguhan dan potensi jangka panjang Anda, dan mendukung minat dan kepercayaan pemangku kepentingan.

Keuletan dan perencanaan yang komprehensif memastikan Anda mengambil pendekatan yang paling strategis untuk beralih ke fase berikutnya dari perjalanan bisnis Anda.

Mengukir warisan kewirausahaan Anda

Saat Anda menjalankan bisnis, selalu ingat bahwa perjalanan yang sukses melibatkan lebih dari fokus pada saat ini. Merencanakan strategi keluar Anda sejak awal memungkinkan Anda membuat peta jalan yang menyelaraskan upaya bisnis Anda dengan tujuan pribadi, organisasional, dan keuangan Anda. Pertimbangkan ke mana arah Anda akan membawa dan rencanakan strategi keluar Anda yang sesuai. Dengan melakukannya, Anda akan meningkatkan peluang keberhasilan Anda dan memastikan warisan kewirausahaan Anda akan berlanjut.

Bekerjasama dengan kami bukan hanya membantu mengefisienkan pembukuan dan perpajakan anda, tetapi juga membantu anda menata keuangan dan nilai bisnis anda selaras dengan rencana keluar yang membantu bisnis anda untuk tetap tumbuh berkelanjutan.