Elemen Penting untuk Membangun Perusahaan Kelas Atas

Elemen Penting untuk Membangun Perusahaan Kelas Atas
Photo by Smartworks Coworking / Unsplash

Menurut berbagai sumber data yang kami dapatkan, pada tahun 2022 tercatat penambahan sejumlah 5 juta bisnis baru di Indonesia. Tetapi, apa yang membuat para raksasa industri sejati menonjol di tengah persaingan yang sengit? Apa yang membedakan perusahaan biasa dengan organisasi papan atas yang sukses dan berperan penting dalam membentuk masa depan?

Setelah berkecimpung selama lebih dari 20 tahun di dunia konsultan pajak serta pembukuan dan menyaksikan berbagai bisnis naik dan turun, kami telah mengumpulkan wawasan tentang faktor-faktor penting yang membedakan perusahaan luar biasa dari yang lain.

Mari kita telusuri elemen-elemen penting yang membawa perusahaan ke status kelas atas, dengan mengeksplorasi bagaimana perilaku etis, inovasi, dan tanggung jawab sosial menjadi cita-cita yang mengagumkan dan pendorong utama kesuksesan.

Praktik Bisnis Beretika: Fondasi Keunggulan

Ketika kita berbicara tentang perilaku bisnis beretika, kita tidak hanya berbicara tentang mematuhi hukum dan peraturan. Kita perlu membangun kompas yang memandu tindakan perusahaan kita, membentuk budaya, dan menentukan bagaimana kita berinteraksi dengan para pemangku kepentingan.

Pada saat kepercayaan bisa hancur seperti sebuah kaca yang mana reputasi adalah segalanya, integritas adalah pondasi di mana bisnis kelas atas dibangun.

Jajaran manajemen dan pendiri Smart UMKM ID mendapatkan satu pelajaran penting bahwa untuk menumbuhkan budaya yang menghargai melakukan hal yang benar, bahkan ketika sulit, adalah sangat penting. Keuntungan sementara tetapi mengorbankan integritas akan sangat berbahaya bagi kelansungan bisnis jangka panjang, walau secara teori terdengar indah tetapi prakteknya sangat sulit karena bahkan justru kami menemukan praktek praktek menghalalkan hampir segala cara malah banyak dilakukan oleh para pemimpin perusahaan yang seharusnya memberikan contoh kepada seluruh karyawan atau anggota tim mengenai etika dan integritas.

Menanamkan etika sebagai DNA perusahaan dapat meningkatkan kredibilitas, menumbuhkan kepercayaan, dan meningkatkan profitabilitas.

Ketika pelanggan dan klien mempercayai perusahaan Anda, mereka menjadi pendukung setia, memperkuat reputasi Anda dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan melalui referensi dari mulut ke mulut. Dan hal ini juga dapat menarik perhatian investor dan dapat semakin meningkatkan kesehatan finansial perusahaan Anda.

Untuk membangun dan memperkuat praktik bisnis beretika

  • Buat pernyataan etika dan nilai sebagai tim dan bagikan secara internal dan eksternal.
  • Masukkan etika dan nilai Anda ke dalam pesan merek, perekrutan, dan materi pelatihan.
  • Wujudkan ini dalam perilaku Anda sebagai pemimpin dan organisasi.

Praktik Bisnis Perintis

Kembangkan inovasi seperti sebuah usaha rintisan yang tidak terbatas pada teknologi baru dan perangkat lunak mutakhir. Perusahaan kelas atas memandang inovasi sebagai upaya berkelanjutan untuk menemukan solusi kreatif untuk masalah, baik dalam produk, layanan, cara Anda memperlakukan anggota tim, atau proses yang mendorong bisnis Anda.

Inovasi bukan hanya kata kunci; itu adalah pendorong profitabilitas yang signifikan. Sebuah studi McKinsey baru-baru ini menemukan bahwa perusahaan yang mengedepankan inovasi menikmati keunggulan kinerja yang substansial, mengungguli rekan-rekan mereka sebesar 2,4 kali lipat lebih baik secara nilai ekonomi

Inovasi dapat dimulai dengan merangkul keragaman suara dan perspektif internal maupun eksternal, mendorong eksperimen, dan melihat kegagalan sebagai batu loncatan menuju kesuksesan.

Perusahaan kelas atas adalah pelopor yang memantapkan diri mereka sebagai pemimpin inovasi dalam industri mereka dan mendorong diri melebihi batas batas yang ada selama ini. Sebagai contoh Amazon yang awalnya sebagai perusahaan eCommerce tetapi sekarang ini lebih dikenal sebagai penyedia infrastruktur teknologi raksasa bagi berbagai perusahaan kelas dunia, dan Amazon terus berinovasi di berbagai bidang termasuk di solusi logistik, hiburan, pendidikan dan toko retail

Pendekatan inovasi mana yang akan berhasil untuk Anda? Anda hanya akan menemukannya apabila anda memulai dan menjalankannya.

Untuk memanfaatkan inovasi dalam bisnis Anda:

  • Cari peluang untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan hasil.
  • Bicaralah dengan klien, investor, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mengumpulkan perspektif unik dan menemukan ide-ide baru.
  • Lakukan uji kelayakan anda: Pelajari berbagai strategi dan solusi.
  • Ambil risiko (terukur) — jangan takut untuk mengubah status quo.

Menjadi pemimpin perubahan positif

Untuk menjadi perusahaan kelas atas, Anda tidak bisa menghindar dari mengambil tantangan yang signifikan yang membawa perubahan dari cara berbisnis anda sekarang ini

Hal ini juga berarti anda harus mulai mengadopsi prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) yang baik dan mengatasi masalah kritis seperti keberlanjutan, mengurangi jejak karbon usaha, mempromosikan kesejahteraan karyawan, dan pengembangan komunitas.